General trade merupakan jalur distribusi yang sangat potensial. Mengingat General trade di Indonesia sendiri termasuk warisan budaya yang mencerminkan kebutuhan bersosialisasi antar individu. General trade adalah suatu pranata ekonomi dan sekaligus cara hidup yang umum dari kegiatan ekonomi karena mencakup berbagai aspek dari suatu masyarakat dan aspek kehidupan sosial budaya secara lengkap. Maka sangatlah wajar jika aktivitas pemasaran dan penjualan didalamnya terjadi persaingan yang sangat ketat.

Tak jarang seorang produsen harus memutar otak dalam upaya membantu outlet di pasar menjual produk mereka. Kegiatan ini umumnya disebut dengan promosi.  Pengertian promosi sendiri, secara sederhananya adalah suatu kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada calon pembeli dan mempengaruhi mereka untuk membeli produk tersebut.

Berikut ini adalah dua contoh promosi yang bisa diterapkan dalam rangka peningkatan penjualan pada jalur distribusi General Trade.

1 Program Reward Target Penjualan

stratgi promosi general trade

Program promosi penjualan ini istilah lainnya sering disebut dengan sales pomotion. Secara singkat, program ini akan memotivasi outlet untuk lebih bersemangat lagi dalam melakukan penjualan. Biasanya diikat dalam satu perjanjian atau kontrak yang berhubungan dengan target penjualan yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Jika outlet bisa mencapai atau melewati target tersebut, maka outlet berhak akan hadiah atau reward sesuai dengan ketentuan yang tertyang didalam kontrak program promosi.

Bentuk pengembangan dari trade promo ada banyak sekali, dan tentu saja bentuk ini dapat disesuaikan dengan tujuan dan dimana program tersebut dilaksanakan. Bahkan bisa dibuat beberapa level mulai dari target mudah, sedang dan juga target tinggi.

Adapun reward yang diberikan bisa bermacam-macam. Seperti halnya uang tunai. Namun tidak menutup kemungkinan produsen juga bisa memberikan hadiah dalam bentuk benda, seperti TV, kulkas, motor. Selain itu bisa pula dalam bentuk intangible seperti paket wisata, potongan belanja, atau berbentuk tambahan stok barang.

Tujuan utama dari program promo biasanya adalah untuk mendapatkan peningkatan penjualan secara cepat dalam hitungan waktu mingguan atau bulanan. Strategi ini sangat efektif untuk mempercepat menghabiskan stok produk di gudang yang sudah hampir expire.

2 Program Consumer Promotion

Program consumer promotion ini akan menyasar konsumen sebagai tujuan penjualan langsung. Consumer promotion biasanya berbentuk hadiah langsung yang berhak didapatkan oleh konsumen ketika membeli barang dengan syarat tertentu. Misalnya dari sisi jumlah pembelian atau varian.

Selain berbentuk hadiah secara langsung, bisa juga memberikan dalam bentuk kesempatan mendapatan undian berhadiah. Undian ini bisa secara langsung, seperti gosok-gosok berhadiah didalam kemasan, atau undian tidak langsung. Misalnya paket umroh dan juga kendaraan bermotor yang akan dilakukan pengundian pada periode waktu yang telah ditentukan.

Memang dalam prakteknya, melakukan undian hadiah tidak langsung membutuhkan waktu dan proses perijinan sesuai ketentuan pemerintah. Oleh karenanya, tak jarang undian langsung menjadi alternatif yang dipandang lebih mudah dari sisi penyedia dan juga lebih cepat dari sisi pembeli.

Contoh promosi pelanggan (consusmer promotion)

Bundling produk:

  • produk yang sedang dipromokan diberi bonus berupa produk yang sama dengan ukuran lebih kecil.
  • produk yang sedang dipromokan diberi bonus berupa produk lain yang fast moving.
  • hadiah berupa barang (misal gelas / camgkir, termos, boneka, piring, dll.)
  • pembelian satu mendapatkan tambahan satu produk gratis (buy one get one free).

Sudah Optimalkah Promosi Produk Anda?

Setelah membaca dua ide strategi dalam melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan di jalur distribusi general trade diatas. Kira-kira yang mana yang sesuai dengan produk dan juga market Anda?

Pada dasarnya semua jalur distribusi dapat dioptimalkan untuk melakukan penjualan. Meskipun masing-masing jalur distribusi memiliki karakter dan pola yang berbeda. Dibutuhkan ide-ide strategis yang dapat dilakukan dan diuji secara berkala untuk dapat menjaga kelancaran jalur distribusi.

Mari optimalkan jalur distribusi untuk produk Anda bersama sasanamegahagung.co.id. Mitra distributor pilihan Anda, yang sudah memiliki banyak ragam channel distribusi. Seperti general trade, modern trade, online trade hingga channel FSBC (Food Services, Bakery, Café). Berbekal pengalaman lebih dari 30 tahun sebagai perusahaan distributor yang memberikan pelayanan terbaik, dan telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 6.000 pelanggan. Silahkan hubungi haman kontak, atau melalui tombol whatsapp di sebelah kanan bawah.

Baca juga: 4 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan untuk Distribusi Produk FSBC

Leave a reply